Sejarah terbentuknya Unit Bank Sampah

Menciptakan kesadaran Masyarakat pada Bidang Kebersihan dan Kesehatan adalah kewajiban bersama, BUMDesa Amanah menilai ini adalah Potensi Besar guna menjaga Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, karena tidak semua Masyarakat sanggup menabung Uang, maka BUMDesa Amanah melayani menabung sampah yaitu masyarakat menjual sampah dan BUMDesa membayar dengan Cash atau dimasukkan di Tabungan Masyarakat. Dengan bermodalkan Rp. 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah), dengan membeli 1 unit pick up sebagai penunjang pelaksaan unit usaha.

Dedi Wahyudi, SP.

Kepala Unit Bank Sampah

Dukungan Dari DLH

Dalam pendirian Unit Bank Sampah, selain mendapat dukungan dari Pemerintah Desa unit ini juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan. DLH memberikan dukungan berupa pelatihan dan pemberian SK kepada pengurus Bank Sampah Bumdesa Amana. dan harapannya kedepan DLH Kabupatem pelalawan bisa memberikan dukungan materil berupa alat-alat olah ataupun angkutan khusus untuk pengolahan sampah.

Kriteria sampah yang di angkut Bank Sampah

Sampah Logam

Sampah Logam merupakan sampah yang sulit terurai dan sulit di fungsikan dan jika di daur ulang memiliki nilai ekonomis, maka dari itu Bank Sampah BUM Desa Amanah bekerjasama dengan masyarakat Desa Bukit Gajah untuk mengumpulkan sampah, sampah logam yang sudah tidak terpakai dan di jual ke Bank Sampah BUM Desa Amanah. Sampah logam yang dapat di jual diantaranya, Besi, Tembaga, Alumunium.

Sampah Kertas

Sampah kertas merupakan sampah yang banyak ditemui di daerah perkantoran maupun sekolah - sekolah karna kebutuhan administrasi. Maka dari itu Bank Sampah BUM Desa Amanah Bekerjasama dengan kantor Pemerintahan Desa dan sekolah-sekolah di sekitar Desa Bukit Gajah untuk mengumpulkan dan menjual kepada Bank Sampah BUM Desa Amanah kriteria kertas yang di angkut adalah, HVS, dan kardus.

Sampah Plastik

Sampah pelastik merupakan sampah yang paling banyak di temuai disetiap sisi lingkungan dan sampah ini juga sulit terurai. Maka dari itu Bank Sampah BUM Desa Amanah juga bekerjasama dengan masyarakat desa bukit gajah untuk engumpulkan sampah ini, sampah plastik yang diangkut adalah sampah botol minum, sampah plastik kara rumah tangga, dan sampah plastik kara body kendaraan bermotor dan pastik-plastik tebal lainya.

Minyak Jelantah

Pengambilan minyak jelantah merupakan program baru dari Bank Sampah BUM Desa Amanah, program ini ditujukan kepada pelaku usaha yang menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak namun tidak ada halangan untuk masyarakat yang ingin mengumpulkan dan menjual jelantahnya ke Bank sampah BUM Desa Amanah. program ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang tidak ada kegiatan lain.

Sinergi Bank Sampah dengan Pemerintah Desa

Selain mencari laba dari pengumpulan sampah yang ada dilingkungan masyarakat Desa Bukit Gajah, Bank Sampah BUM Desa Amanah juga bersinergi dengan pemerintah desa pada progaram bersih jalan Desa Bukit Gajah. program bersih-bersih ini mengajak Pemerintah Desa, BUM Desa, Rt, Rw, dan Masyarakat sekitar untuk ramai-ramai memungut sampah yang berserakan di bahu jalan dan selokan. kegiatan ini dilakukan setiap hari kamis sore setelah sholat ashar. tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat silaturhmi antar masyarkat dan pemerintah desa, memperindah lingkung dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri Bank Sampah

Scroll to Top